About

selamat datang sahabat-sahabat,,, :) bagi kalian-kalian yang butuh referensi tentang Fisika silahkan baca

Pages

Vrydag 15 Maart 2013

STRUKTUR ATOMIK


STRUKTUR ATOMIK
A.        Model Atomik
Ketika J.J. Thomson mengusulkan bahwa atom merupakan bola bermuatan positif serbasama yang mengandung elektron. Dalam eksperimen Hamburan Rutherford menduga bahwa partikel alfa dapat langsung menembus selaput emas tipis dengan hanya memakai sedikit defleksi. Dan hasilnya ialah model yang terdiri dari inti kecil yang bermuatan positif yang merupakan tempat terkonsentrasinya hampir seluruh massa atom dengan elektron-elektronnya terdapat pada jarak yang agak jauh. Ternyata muatan inti selalu merupakan kelipatan +e, bilanganyang menyatakan besar satuan muatan positif  dalam inti yang disebut bilangan atomik.
B.        Hamburan Partikel Alfa
Perubahan momentum  karena  searah dengan arah perubahan momentum , besarnya :  . dengan  menyatakan sudut sesaat antara F dan  sepanjang lintasan alfa, maka : .
C.        Rumus Hamburan Rutherford
Kita ingat bahwa semua partikel alfa yang mendekati inti terget dengan parameter dampak dari 0 ke b akan dihambur dengan sudut  atau lebih. Persamaan penampang hamburan : . Jumlah fraksi partikel alfa yang terhambur : . Rumus hamburan Rutherford :
D.        Dimensi Inti
Pada saat pendekatan terpendek energi kinetik awal K dari partikel seluruhnya diubah menjadi energi potensial listrik sehingga pada saat itu:  . Harga K max didapati pada partikel alfa secara alamiah adalah 7,7 MeV yaitu sama dengan 1,2 x 10-12 J.
E.         Orbit Elektron
Menurut klasik, elektron atomik harus secara spiral menuju inti dengan cepat ketika elektron itu memancarkan energi karena adanya percepatan.
F.         Spektrum atomik
Pada kahir abad ke-9 ditemukan bahwa panjang gelombang yang terdaot pada spektrum atomik jatuj pada kumpulan tertentu yang disebut deret spektral.
ü  Rumus Balmer untuk panjang gelombang: Balmer    n = 3,4,5,…. R (tetapan Rydberg) = 1,097x107 m-1 = 0,01097 nm
ü  Untuk daerah ultraviolet: Lyman  n = 2,3,4,….
ü  Untuk daerah ulfra merah: Paschen   n = 4,5,6,…
ü   Brackett    n =5,6,7,…
ü  Pfund    n = 6,7,8,…. 
G.        Atom Bohr
Panjang gelombang De Broglie untuk electron ini adalah  Dengan v menyatakan kecepan electron seperti yang diberikan pada persamaan . Jadi, panjang gelombang electron orbital
H.        Tingkat Energi dan Spektrum
Persamaan Tingkat Energi :     n = 1,2,3........ dan Untuk spektrum Hidrogen:
I.          Gerak inti
Kedua inti dan elektron berputar disekeliling pusat massanya yang terletak sangat dekat inti karena massa inti jauh lebih besar dari elektron.
J.          Eksitasi Atomik
Terdapat 2 mekanisme untam mengeksitasi atom : satu, tumbukan dengan partikel lain, pada waktu itu sebagian dari EK bersamanya diserap oleh atom. Kedua, menimbulkan lucutan listrik dalam gas bertekanan rendah.

0 opmerkings:

Plaas 'n opmerking