About

selamat datang sahabat-sahabat,,, :) bagi kalian-kalian yang butuh referensi tentang Fisika silahkan baca

Pages

Vrydag 15 Maart 2013

MEKANIKA KUANTUM


Nama     : IYAM MARYANI
NIM       : 1210207052
M. Kul    : Fisiak Modern

MEKANIKA KUANTUM

1.       Pendahuluan Mekanika Kuantum
Dalam mekanika Newton, massa depan partikel telah ditentukan oleh keadaan awal, momentum awal serta gaya-gaya yang beraksi padanya. Dalam mekanika kuantum ketentuan karakteristik masa depan seperti pada mekanika newton tidak mungkin diperoleh, karena kedudukan dan momentum awal partikel tidak dapat diperoleh dengan ketelitian yang cukup : masa depan tidak diketahui karena massa kini tak terketahui.
2.       Persamaan Gelombang
Kuantitas yang diperlukan dalam mekanika kuantum adalah fungsi gelombang   dari benda itu. Persamaan fungsi ternomalisasi :  . Disamping  bisa dinormalisasi,  juga harus berharga tunggal, karena P hanya berharga tungggal pada waktu dan tempat tertentu, dan malar. Persamaan Gelombang:  
3.       Persamaan Schrodinger Bergantung-Waktu
Persamaan Schrodinger Bergantung-Waktu dalam satu dimensi :
Schrodinger Bergantung-Waktu dlm tiga dimensi :
Persamamaan Schrodinger tidak bisa diturunkan dari “prinsip Pertama”, tetapi persamaan itu merupakan prinsip pertama.
4.       Harga Ekspektasi
Persamaan harga ekspektasi : . Rumus ini berlaku walaupun G(x) berubah terhadap waktu, karena suatu kejadian harus dihitung pada saat tertentu t, karena  sendiri merupakan fungsi dari t.
5.       Persamaan Schrodinger  : Bentuk Keadaan Tunak
Persamaan Schrodinger Keadaan-tunak dalam satu dimensi:
Schrodinger Keadaan-tunak dlm tiga dimensi :
Memecahkan Pers.Schrodinger untuk suatu sistem berarti memperoleh fungsi gelombang  yang tidak saja memenuhi persamaan syarat batas yang ada, tetapi harus memenuhi syarat bisa diterimanya fungsi gelombang, yaitu : turunannya harus malar, berhingga dan berharga tunggal. Bila tidak sistem itu tidak mungkin dlm keadaan tunak.
6.       Partikel Dalam Kotak
Persoalan kuantum mekanis yang sederhana ialah persoalan partikel yg terjebak dalam kotak yang dindingnya keras tak berhingga. Sebuah partikel tidak kehilangan energi ketika partikel bertumbukan dengan dinding, sehingga energi totalnya tetap konstan. Persamaan Schrodinger Partikel dalam kotak : . Fungsi gelombang yang ternormalisasi dlm kotak :
7.       Pemantulan dan Transmisi oleh Perintang
Menurut klasik : partikle yang menumbuk sebuah dinding tegar tidak berpeluang untuk menembusnya. Mekanika Kuantum : sebuah partikel berenergi kinetik berhingga tidak dapat memasuki daerah yang energi potensialnya . Ketika menumbuk dinding yang tidak sedemikian hebat, yang tidak keras tak-terhingga mekanika klasik: partikel akan terpental. Mekanika kuantum : terdapat peluang tertentu, tidak telalu besar.
8.       Efek Terobosan
Persamaan peluang transmisi : .
9.       Osilator Harmonik
Gerak harmonik terjadi jika suatu sistem jenis tertentu bergetar di sekitar konfigurasi setimbangnya. Persamaan osilator harmonik : . Persamaan Energi titik-nol :

2 opmerkings:

  1. min, boleh minta file asli yang mekanika kuantum gak? soalnya disini gak kebaca rumusnya
    makasih

    AntwoordVee uit
  2. min, boleh minta file aslinya gk? rumus nya byk yg gk kebaca. makasih sblumnya

    AntwoordVee uit